Make Over Your Mind!

Sejak saya resign, (eh iya lho saya resign.  Udah lama, dari sebelum bulan puasa) saya jadi lebih sering nonton tivi (sambil kerja tentunya!!!!! *teriak*).  Bukan infotenment, bukan sinetron, tapi CSI, Glee, dan Amazing Race (kadang-kadang).  Nah akhir-akhir ini ada satu acara yang menarik banget buat saya, judulnya How Do I Look di The Style Network.

Host dari acara ini adalah Jeannie Mai, fashion dan beauty expert.  Acara ini mengubah penampilan orang dari yang selera fashionnya jelek banget, ke bagus banget :) Bukannya saya selera fashionnya bagus jadi bisa bilang jelek sih, tapi yang tampil di acara ini ya, penampilannya tuh bikin diliatin orang dari atas bawah deh.  Mencolok dalam arti yang kurang bagus.

Yang saya paling sukaa dari acara ini adalah caranya Jeanie me-make over mindset si “korban”.  Kebanyakan peserta make over di acara ini memiliki mindset yang salah terhadap diri sendiri.  Garisbawahi ya, terhadap diri sendiri, bukan terhadap fashion.  Mereka berpikir, inilah mereka, gaya berpakaian inilah yang paling nyaman dan menunjukkan siapa diri mereka sebenarnya.  Ngelesnya, “This is who I am!” :D Hal inilah yang membawa gaya berpakaian mereka menjadi aneh, “unik” dan tidak senonoh, hehe.

Gaya berpakaian yang aneh-aneh ini membuat semua peserta memiliki hubungan yang tidak begitu baik dengan orang-orang terdekat mereka, bahkan keluarga sendiri.  Membuat mereka juga sulit mencari pasangan, dan sulit mendapatkan karir impian.  Padahal, mereka punya kualitas diri yang bisa diacungi jempol.

Dengan simulasi-simulasinya, Jeanie mampu menunjukkan bahwa beda antara hidup orang-orang yang dilihat peserta adalah hidup impian mereka: punya pasangan, karir bagus, disukai orang, adalah penampilan.  Menilai orang memang jangan hanya berdasarkan penampilan saja, tapi juga hati.  Masalahnya, yang lebih dulu terlihat di mata adalah: penampilan, bukan hati.  Seperti yang dibilang Kei Savourie, founder Hitman System: cantik ya cantik, bisa dilihat dengan mata.

Contoh ya.  Seorang wanita yang mau menikah, Gabby, dia memiliki ukuran tubuh 16 (ukuran baju berdasarkan angka genap, paling kecil 2, 4, 6, 8. dst).  Dia selalu memakai baju yang lebih kecil 1 ukuran dari ukuran tubuhnya, yaitu 14.  Pluss, baju-baju itu terlalu terbuka.  Seksi pada tempat yang tidak tepat, hehe.  Gabby berpikir bahwa mengenakan baju 1 size lebih kecil akan membuat dia tampak lebih kurus.  Dan calon suaminya suka melihat lekuk tubuh wanita, jadi Gabby memakai baju yang terbuka-terbuka :|

Jeanie lalu menunjukkan simulai gaun pengantin, dimana ada 6 orang gadis memakai gaun pengantin.  Jeanie meminta Gabby mengurutkan keenam gadis itu berdasarkan ukuran tubuh mereka.  Setelah diurutkan dari yang terlihat gemuk ke ke normal, keenam gadis itu menunjukkan kalau mereka semua memiliki size tubuh yang sama: 16.  Tapii, yang Gabby pikir paling gemuk adalah yang memakai gaun pengantin ukuran 12.  Yang Gabby pikir paling kurus, adalah gadis yang memakai gaun pengantin ukuran 16 :)

Oh wow.

Hampir semua korban make over, eh peserta, di akhir acara mengatakan bahwa mereka tidak akan kembali lagi ke gaya lama mereka, dan justru penampilan sekarang lebih menunjukkan bahwa inilah diri mereka yang sesungguhnya.  :) Jadi yang tadi apa dong?? :D

Uniknya lagi dari acara ini, yang memilihkan gaya busana dan rambut untuk peserta adalah 2 orang terdekat peserta + 1 orang stylist professional.  Jadi bukan dari tim How Do I Look.  Tiga orang ini akan memilih gaya busana masing-masing, juga model rambut.  Nah peserta make over lah yang bebas memilih diantara 3 gaya busana dan model rambut ini, tanpa mengetahui siapa yang memilih yang mana.  Di akhir acara akan diungkap siapa yang memilihkan gaya busana dan model rambut yang dipilih si peserta.  Mayoritas peserta ternyata memilih gaya busana pilihan orang-orang terdekat.  Terbukti bahwa meskipun stylistnya professional dan pernah menangani bintang-bintang Hollywood, tetap yang paling kenal dengan peserta adalah orang-orang terdekatnya.

So, jika Anda termasuk orang yang keukeuh dengan motto “Be Your Self”, coba deh tanya orang-orang terdekat.  Siapa tahu Anda perlu make over ala Jeanie Mai ini ;)

(sst, mau lihat hasil-hasil make overnya? Di sini yaa:
http://www.mystyle.com/mystyle/photos/gallery.jsp?galleryUUID=167#12218
itu salah satu perubahan yang pualing dramatis.  Yang lainnya klik aja foto-foto di bagian atas)

sumber gambar: 
http://style.popcrunch.com/style-network-orders-how-do-i-look-spinoff-the-search-for-the-worst-dressed-in-america/

One thought on “Make Over Your Mind!

  1. penampilan itu memang penting… kalaupun bukan untuk diri sendiri, berpenampilan menarik tentunya akan memberikan kenyamanan bagi orang-orang yang melihatnya. Artinya orang yang tidak memperdulikan penampilan diri, dia itu termasuk orang-orang yang egois…. hehe

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>