diRumahAja,  Kepikiran

How I Become an ARMY

Duluu, ngga pernah terlintas sedikitpun untuk ngedengerin, nyimak, apalagi suka sama yang namanya BTS. Apa tu BTS? BTS adalah singkatan dari Bangtan Sonyeondan yang artinya Bulletproof Boyscout, meskipun menurut artikel Time sekarang artinya dalam bahasa Inggris jadi Beyond The Scene, boyband Korea dengan 7 orang member.

Apa yang bikin saya suka sama BTS?

Awalnya bukan karena muka2nya yang cakep2.  Gimana bisa bilang cakep, satu2nya yang saya bisa bedain setelah baca dan nonton video tentang member-membernya, cuma RM.  Oya sama Jin, si worldwide handsome 😀 Saya perlu waktu sekitar 2 minggu buat apal siapa yang mana.  Sekarang? Jangan tanya.  Kasih potongan foto mata doang udah bisa saya bedain!  *bangga* HAHAHAHA.

Nih buktinya: ki-ka: Suga, V, RM, Jin, JHope, Jungkook, Jimin

Pertama suka BTS karena lagu sejuta umat oh my my my alias Boy With Luv yang sama Halsey.  Pas dengerin pertama kali, ih lucu juga ya lagunya.  Mulailah masuk ke playlist Spotify.  Entah kenapa hepi selalu dengerin lagu itu.  Lalu merambah ke lagu kedua di album yang sama: Mikrokosmos.  Lagu ini punya pesona yang beda, kalo Boy With Luv itu cheerful, Mikrokosmos lebih ke.. peaceful.  Sempet beruuuulang-ulang dengerin dua lagu itu terutama pas lagi nyetir pulang renang.  Pulang renang yang selalu capek, lelah, bawaan suuper berat, rambut masih basah tapi udah dipakein hijab, tapi hepi.  Cocok banget.

Terus karena gemes sama Boy With Luv, dan gerakan dance-nya yang unik, nyoba-nyoba lah ngikutin.  Dan ini saya juga baru tau, kalo beberapa lagu yang ada vklipnya hampir selalu ada video dance practice/choreography-nya.  Ternyata grup-grup kpop begitu semua ya.  Oke coba deh ikutin.  Whoa.  Keliatan simpel oh tapi keringetan.  OK this will be my warmup cardio 😉 Kurang lebih belajar full koreografinya sekitar 5-6 mingguan.  Tinggal tampilnya aja nih haha..

Sambil play-pause-ulang video koreografi youtube-nya, jadi banyak rekomendasi video-video sejenis.  Tentu saja saya terima rekomendasi2 itu 😀 Jadilah melanglang buana nontonin satu demi satu video dance practice, baru liat-liat video klip daan.. waaw saya cocok juga nih sama beberapa lagunya BTS.

Karena ngga terlalu suka lagu mellow, jadi nyangkutnya di lagu-lagu Danger, Run, War of Hormone, Fire, Dope, Not Today,  I Need You & Attack on Bangtan.  Kalo Boy with Luv suasana vklipnya bareng Halsey didominasi pink, jadinya saya pikir BTS ya kayak gitu2 juga, agak feminin.  Ternyata ketemu lagu2 di atas, hmmm..  Ngga juga yah. Lagu-lagu yang saya sebut itu dance-dance-nya energik dan “cowo” banget.  Attack on Bangtan punya koreo yang lucu, ada gerakan baseball mukul bola.  Belakangan saya baru tau kalo Danger, War of Hormone, dan satu lagi Boy in Luv (iya judulnya mirip Boy With Luv) ternyata dari album lama, waktu imej mereka masih high school bad boy.  Tapi di era itu justru menurut saya lagi cakep2nya.  Sekarang tetep cakep sih cuman imejnya udah beda aja (tolong kembalikan jidat Jin dan rambut spike Jungkook).

Yak dan di situlah mulai perjalanan saya sebagai ARMY alias fansnya BTS 😀

BTS dan Coping Mechanism COVID-19

Sejak mulai ada anjuran kerja dari rumah ditambah lagi aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), mau gak mau mulai muak juga kan di rumah, ngga bisa ke mana-mana dan emang nggak mau dulu ke mana-mana.  Ada banyak orang yang jadi hobi masak, nonton netflix, olahraga dst, nah kalo saya selain olahraga, udah jelas nontonin video2 BTS.

It helps me stay sane and happy di masa yang lagi nggak jelas begini.  Juga nambah endorphin kalo nonton video dance practice sambil dipraktikin.  Juga jadi tau diri kalo saya ga ada bakat dance :)) Tapi ya kalo hepi lakukan aja terus kan.  Target dance BTS lagu kedua saya adalah Best of Me.  Beat-nya enak banget.

Tentu saja makin ditonton makin kagum, haha.  Ada beberapa hal yang saya jadi tau tentang BTS:

  • Tiga album BTS (Love Yourself: Tear, Love Yourself: Answer & Map of the Soul: Persona) menduduki chart no.1 Billboard dalam waktu kurang dari satu tahun,  dan satu-satunya band yang punya prestasi serupa cuma the Beatles. (Billboard)
  • BTS pernah diundang untuk pidato di UN (PBB) dan campaign bersama Unicef soal Love Yourself di bulan September 2018. (Unicef)
  • BTS pernah jadi cover majalah Time sebagai Next Generation Leaders. (Time)
  • Dan ternyata BTS menang banyak penghargaan, yang terbaru adalah Favorite Music Group di Kids Choice Awards Nickelodeon 2020. Awards lainnya? Banyak. Googling aja deh. Haha.
  • BTS sempet masuk di talkshow2 US: Ellen DeGeneres, Jimmy Fallon, Stephen Colbert, jangan lupa Karaoke Carpoolnya James Corden, BBC, Good Morning America, Saturday Night Live dst dst dan pernah perform ON bareng segambreng marching band-nya di Grand Central Terminal New York di acara Jimmy Fallon. Itu keren. Video di sini.
  • Jungkook is good at everything dan ada 1 video berdurasi 20 menit kompilasi dia dance lagu2 kpop girl group, yang udah ditonton 10 juta orang. Yang bikin lucu selain takjub kenapa dia bisa, adalah ekspresinya yang serius dan bikin gemes. (Yup, ini masuk ke fakta penting)

Poin pertama cukup jadi perdebatan antara ARMY garis keras sama orang-orang yang mungkin ga suka sama BTS.  Banyak yang ga terima lagu-lagu BTS dibandingin sama legend macem the Beatles.  Belum lagi ARMY garis keras yang meledak-ledak ketika idolanya disenggol dikit. Yah.. menurut saya sih eranya beda aja.  Dulu trend lagunya kayak apa, sekarang gimana.  Ada juga yang namanya selera, dan selera ga bisa dipaksain.  Kalo kebetulan seleranya sama kayak selera mayoritas, ya ga perlu bilang selera minoritas jelek.  Yang kebetulan punya selera minoritas, ga perlu bilang selera mayoritas kurang taste 😀 Udahlah, damai aja.  Enjoy your music in peace. 

The Members

Saya gak akan bahas tanggal lahir zodiak dan anak ke berapa, karena banyak yang udah bahas gituan haha.. Cuma pingin ngasih info aja apa nilai plus yang bikin saya tau bahwa mereka itu not just another pretty face toh.

RM

Kim Nam Jun, leader & spokesperson of BTS, alias RM, stands for Rap Monster.  Di era2 awal debut BTS masih sering nyebut diri sebagai “Rap Monster” tapi makin kesini, karna udah terkenal juga kali ya, seringnya disebut RM.  Ada untungnya juga saya ga tau BTS dari debut, karna rambutnya RM waktu itu sumpah. Nggak banget 😀 Tapi selain itu saya salut sama RM karena dia ternyata emang rapper sebelum join BTS, produser & pencipta lagu2 BTS, selain jago bahasa inggris karna belajar dari serial Friends, juga pinter public speakingnya. Oya, yang BTS diundang untuk speech di UN, itu RM juga yang ngomong.  Laff banget sama pesannya.  Dan rambutnya udah much better 😀 Fun fact tentang RM, dia terkenal suka ngerusak barang secara nggak sengaja. Salah satu yang nggak sengaja dirusak adalah kemeja Jungkook, pas tampil :)) Videonya di sini.

SUGA

Min Yoon-gi atau Suga is the geek in the club. Dia juga rapper, produser dan penulis lagu di BTS, malah konon kabarnya lebih produktif soal nulis lagu daripada RM. Suga dengan nama alias AGUST D pernah meraih penghargaan Best Soul/RnB track di Melon Music Award karena lagu Wine yang dia tulis lalu dibawakan oleh penyanyi Korea perempuan Surin (& Suga juga yang produserin). Lagu I Like It ditulis Suga dalam waktu 40 menit, karena udah deadline :)) Taking SKS (sistem kebut semalem) to another level :)) Suga punya banyak solo track baik di album BTS atau di luar BTS.  Favorit saya: Seesaw.  Sekarang semua Army lagi nungguin duet (& produserin juga) Suga sama IU, penyanyi Korea. (Update: sekarang lagunya udah keluar, judulnya Eight. Easy listening pop yang enak banget!) Belum sampe sebulan dari kolaborasi bareng IU, Suga ngeluarin album rap solo di bawah nama Agust D, albumnya berjudul D-2.  Beberapa lagu di dalamnya pun banyak kolaborasi dengan musisi Korea atau internasional.  Lagu yang dibuat video klipnya berjudul Daeschwita (vklipnya keren banget btw), dengan adegan favorit fans adalah cameo Jin berantem sama Jungkook :))

Jin

Kim Seokjin, other than worldwide handsome, suka masak dan member tertua BTS, saya ga tau apa2 lagi tentang dia haha.. Oh akhir2 ini udah bisa bedain mana vokalnya Jin di lagu2 BTS.  Jin memang ngga punya background musik/dance seperti member yang lain, tapi progressnya cukup lumayan kok.

JHope

Saya selalu salut sama cowo yang bisa dance, dan kebetulan Jung Hoseok alias JHope ini adalah yang terjago dance-nya.  Keliatan dari gerakan2nya yang paling luwes, sigap dan enak banget diliat. Katanya sih kadang koreograferin juga (meskipun setau saya BTS juga punya koreografer sendiri: Mr Son).  JHope terkenal strict soal dance, jadi member BTS lain yang belum menguasai dance tertentu atau salah udah pasti dapet lirikan tajam dari dia.  Jin sendiri pernah jadi korbannya 😀 Tapi dia keliatannya sabar sih ngajarin mereka. Posisi JHope di BTS adalah rapper, tapi sebelum masuk BTS dia bukan rapper seperti RM dan Suga. JHope juga pernah rilis mixtape-nya (tapi saya belum pernah dengerin).  Dia punya solo track (cover, kalo nggak salah) duet bareng Becky G, Chicken Noodle Soup. Satu yang menonjol dari JHope adalah senyum & kepribadiannya yang cerah banget.  Kalo diibaratkan skincare, JHope adalah krim pencerah yang instantly brightening :)) Setiap dance, talkshow, gak akan kelewat deh senyuman yang nular ini.

V

Kim Taehyung atau biasa dipanggil V/Tae. Waktu awal2 suka keliru bedain V sama Jin. V ada di lini vokalis BTS, dengan warna vokalnya yang strong di lagu2 dengan beat cepet, dan dalem2 asik di lagu2 mellow.  Vokal yang paling saya suka di BTS.  Di video klip War of Hormone, aura bad boy-nya V luber-luber banget hahaa, tolong semua ditahan ya ilernya biar ga netes.  Di luar BTS, V main film juga (Hwarang judulnya, kalo ga salah) dan nyanyi di soundtracknya.  Lumayan sih soundtracknya.  Menurut saya kalo setiap member BTS going solo, V bakal jadi penyanyi yang sukses.

Jungkook

Jeon Jungkook, member termuda di BTS, dijuluki Golden Maknae.  Semacam anak emas bungsu gitu kali ya kalo diindonesiain.  Jungkook ini, kalo di SMA ibaratnya kakak kelas ganteng yang jago banget olahraga apa aja dan disukain cewe-cewe tapi imejnya pemalu.  Literally, dia jago dalam hal apa aja.  Dan dia bisa berenang gaya kupu-kupu (penting ini haloo).  Konon kabarnya dia adalah member yang suaranya terstabil kalo perform dengan dance.  Dia juga jago dance.  And don’t get me started again on that girl group dance 😀  Gemesh banget.  Di BTS Festa 2020 (perayaan anniversary BTS), Jungkook ngeluarin satu lagu solo dan diproduserin dia sendiri (bareng salah satu produser Big Hit: Pdogg), dan lagu dengan jazzy tunes ini ampuh banget bikin fans jatuh cinta lagi, dengerin di sini coba.

Jimin

Park Jimin di lini vokalis dengan mukanya yang manis banget bikin diabetes ini juga jago dance dan sekolahnya di art school, kalo ngga salah juga lulusan terbaik dance.  Tapi cuman di Jimin saya merasa keganggu sama rambut belah tengahnya >_<  kembalikan rambut hitam spike Jimin di era Boy In Luv juga plis. Kalo Jimin udah dance, mau sendiri atau sama Jungkook/JHope, selesai.  Gak pernah gak keren.

 

 

 

 

Kesuksesan BTS tentu nggak lepas dari Bang Si Hyuk yang punya BigHit Entertainment (label yang membawahi BTS) karena sepertinya setiap member diberi kebebasan untuk berkreasi secara solo (atau mungkin itu tuntutan?).  Dan masing-masing member sudah punya bagian sendiri: nyanyi, ngerap, dance (meskipun semua ngedance tapi tetap aja yang menonjol adalah JHope, Jimin & Jungkook) sehingga saling melengkapi.  Nggak kayak boyband US dimana lead singer cuma satu/dua dan lainnya backing vocal.  Lead singer solo karir, bubar ambyar deh boybandnya.

Kenapa BTS populer (banget)?

Iya, ternyata mereka populer banget dan saya baru tau :p  Ngga pa pa lah.  Ibaratnya hidayah, semua orang dapet di waktu yang berbeda-beda *eh

Ada beberapa hal yang bikin BTS populer. Ini menurut saya ya.  Saya tau, karna saya masih dalam euforia new ARMY pandangan saya sangat subjektif.  Makanya saya terus nyari2 alasan apa sih yang bikin mereka populer.  Berusaha banget nggak bandingin sama kpop2 idol lain karna saya nggak tau apapun tentang mereka.  Ditambah dengan beberapa yang saya baca dari artikel (semoga terpercaya :P).

1.  Media sosial & fans

BTS debut di tahun 2013, dan mereka bener2 manfaatin media sosial untuk interaksi dengan fans mereka.  Selain itu, BTS diberi kebebasan untuk update dan post sendiri.  BTS juga rutin posting, akhir-akhir ini ada video livestream di Youtube masing-masing member selama sejam, yah meskipun ngomongnya pada bahasa Korea (atau gak ngomong sama sekali kayak Suga yang ngelukis doang), toh yang nonton minimal 1juta orang.  Di Twitter BTS yang sampai sekarang masih aktif, baru-baru ini video Jungkook nyanyi dapet 2,1 juta likes dan 900 ribu retweet selama 24 jam setelah diposting.  Selain itu channel Youtube BANGTANTV yang dikelola Big Hit posting banyak banget video behind the scene atau sesimpel kelakuan-kelakuan konyol member BTS yang tentu saja sangat digandrungi fans.  Dari 2013 – 2020, udah buanyak banget video, yang tentunya kalo ditonton sehari ga bakal abis.

Ga dipungkiri konten-konten semacam ini membuat fans selalu merasa “dekat” dengan BTS.  RM sendiri mengakui kalo BTS beruntung banget ada di era media sosial, dan itulah yang bikin fans jadi loyal.  Mungkin itu juga yang bikin BTS menang 3 tahun berturut-turut di kategori Top Social Artist di Billboard Music Award.

This lead us to ARMY: Adorable Representative MC for Youth, sebutan untuk fans loyal BTS.  Kalo jaman dulu cara untuk dukung artis favorit cuma dengan beli album dan nonton konser, di era internet dan medsos ini ada buanyak cara.  Like, komen, retweet cuma sedikit diantaranya.  Nonton video (berkat ARMY view-nya vklip DNA di Youtube udah sampe 1 milyar!), vote untuk award, bikin thread, posting dan share foto, video, apapun tentang mereka, lalu tentunya beli merchandise, stiker, dll ini hal-hal yang dilakukan bisa dilakukan ARMY untuk mendukung BTS. 

Tapi ngga cuma soal fangirling, ARMY juga punya “kekuatan” untuk gerakan sosial positif, contohnya yang paling baru adalah campaign untuk Black Lives Matter (BLM).  Big Hit & BTS ketauan (karena mereka ngga terang-terangan bilang nyumbang, justru ketauan karena diconfirm sama lembaga penerima donasinya) menyumbang USD 1 juta untuk gerakan BLM ini, dan dalam 1 hari ARMY berhasil “menandingi” BTS mengumpulkan jumlah yang sama untuk disumbang! Satu hari, satu juta dollar. Gila yah.. This fandom is huuuuge.  James Corden sampe bikin video terima kasih buat ARMY dengan ngeluarin never before seen clip of Carpool Karaoke BTS 😀

Sayangnya ARMY sendiri terkenal dengan imej remaja perempuan labil, dan Suga bilang “It’s pointless to argue or fight about it.”  Padahal menurut hellokpop, di tahun 2019 pencari tiket konser BTS berusia 24-35 meningkat dari 16% ke 27%.  Sayang belum ada data komprehensif tentang demografi ARMY global.

Artikel menarik soal ARMY bisa dibaca di sini dan soal ARMY berusia di atas 35 tahun pernah dibahas InStyle di sini.

2.   Lagu-lagunya

Tentunya.  Pertama kali yang orang tau tentang sebuah grup musik ya pasti lagu-lagunya, musiknya.  BTS terutama RM dan Suga menulis sendiri lagu-lagu mereka, dan di suatu interview RM pernah bilang dalam proses pembuatan lagu BTS, mereka mulai dengan “beat”nya dulu.  Itu menarik sih, tapi sayangnya nggak dibahas lebih dalem.  Mungkin harus nonton sering-sering di BangtanTV, kali aja udah pernah dibahas proses bikin lagunya RM/Suga.

BTS memulai dengan genre hip hop, tapi makin ke sini makin beragam.  Yang pop-pop manis macem Answer: Love Myself, Friends, Crystal Snow, Just One Day ada, yang slow macem Spring Day ada, ada lagi Aeroplane pt 2, yang soulful macem Seesaw juga ada.

Isu-isu yang diangkat di liriknya pun beragam. Dope, misalnya, membahas tentang kerja keras:
Over half of the day, we drown in work
Even if our youth rots in the studio
Thanks to that, we’re closer to success
Girls, shout louder
Make it ring, ring

Atau Idol, yang bicara tentang love yourself:
Keep on chit-chatting, saying this and that
I do what I do, so you do you
You can’t stop me lovin’ myself

Pied Piper, yang akhir2 ini muncul di playlist saya, ternyata membahas soal kecanduan idol :))
Now stop watching and study for your test
Your parents and boss hate me
Video clips, pictures, tweets
V app, Bon Voyage
I know, you can’t help what you like
But stop, interpret the music video later
You have so many pictures of me in your room anyway
It’s not just one hour, it’s a whole year that’ll disappear
Noh, disuruh kerja/belajar ama BTS, jangan nontonin videonya melulu 😀

Relate much? Semakin banyak orang bisa relate sama sebuah lagu, makin banyak yang suka, dan makin tersampaikan pesan dari si musisi.  Ini yang bikin BTS bisa disukain banyak orang.

3.   Label & Manajemen

Kpop selalu dikemas dengan flashy. Video klip yang warnanya kadang bikin sakit mata saking meriahnya, aksi panggung yang spektakuler, kostum yang asik, foto-foto artis yang manjain mata, dance dan koreo yang keren tapi luarbiasa susahnya kayak udah jadi standar dari kpop, dan persaingan dunia idol di Korea pastinya ketat banget. Menurut saya BTS sangat beruntung berada di bawah Big Hit, karena di tangan Big Hit-lah semua terjadi.  Meskipun banyak yang bilang Big Hit itu label “kecil” (ya bandingannya SM Town, haha) tapi saya yakin orang-orang di balik Big Hit ini pasti kualitasnya nggak kaleng-kaleng.  Orang-orang yang ngurusin marketing, tampilan/packaging, humas, konten sosmed, EO dan segala macem, pasti orang-orang yang tepat dan kompeten.  Jadi ngga bisa juga dibilang BTS sukses karena mereka BTS (alone), tapi karna bakat mereka DAN ketemu tim yang tepat. The whole package matters. 

Balik lagi ke siapa di balik Big Hit dan BTS?  Tentu nama Bang Si Hyuk akan selalu disebut.  Lucunya Bang Si Hyuk sendiri percaya bahwa mostly yang bikin BTS sukses adalah faktor keberuntungan.  Nah yang iniii, wajib baca. Klik Interview Time sama Bang Si Hyuk.

BTS & Bohemian Rhapsody

Meskipun BTS dibandinginnya sama the Beatles (regarding their record-breaking no.1 album in chart) tapi saya lebih “akrab” sama lagu-lagu Queen karna Bohemian Rhapsody.  Udah nonton film Bohemian Rhapsody?  Di film yang super keren itu mereka bikin reka ulang Queen tampil di konser Live Aid tahun 1985.  Adegan selama konser itu sukses bikin saya merinding dan sempet terlintas pikiran: wah saya telat lahir berapa tahun ini, blom nongol pas eranya Queen booming dan konser itu.

Dan, perasaan itu balik lagi saat saya nonton cuplikan konser BTS di UK, tepatnya ketika closing konser dan staff ngasih surprise ke BTS.  Di akhir konser tiba-tiba ada lagu Young Forever, padahal lagu itu ngga ada di list konser.  Layar besar nampilin lirik lagu, dan ARMY kompakan nyanyi. Sementara BTS kaget, lalu terharu biru, dan RM dengan senyumnya yang charming pun ngomong “You can’t do this to us.. this was not on the setlist.” ih merinding.. Someday lah, jadi pingin juga nonton langsung. Semoga bisa tercapai, pas ada kesempatan, ada duit, masih sehat, aamiiin.

(Artikel ini ditulis 26 April 2020 dan di-post 10 Juni 2020 dengan beberapa update karena banyak sekali hal yang terjadi dalam 1.5 bulan wkwk.. pas kebetulan lagi rame event banget si BTS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *