BTS

Konser Online BTS Map of the Soul ON:E

Post ini saya bagi jadi 3:

Part 1: The Beginning
Part 2: The Concert
Part 3: Conclusion

Soalnya mayan panjang 😀 Saya pingin nulis/bahas satu persatu performance mereka. Bukan cuma buat orang lain yang baca sih tapi lebih ke buat diri saya sendiri, supaya terekam dengan baik. Bisa dibaca kapan-kapan. Tadinya mau dibagi 2 post, tapi kuatirnya malah gak selesai wkwkwk. Kalo kamu mau skip detail set list dan performance konsernya, bisa baca part 1 tentang apa dan bagaimana si konser, & part 3 tentang angka-angka di balik konser ini plus tentang si album Map of the Soul 7.

So, brace yourself!

Part 1: The Beginning

Waktu keluar pengumuman BTS bakal ngadain konser online Map of the Soul ON:E (bacanya map of the soul one), jujur saya nggak kepikiran langsung pengen beli tiket. Tapi lama-lama mikir kok ya sayang kalo ga ikut. Lagipula udah sempet denger-denger mereka nyewa stadion untuk nyelenggarain konser ini.

Map of the Soul ON:E ini konser untuk album mereka MOTS 7 yang keluar di bulan Februari 2020. Album ini spesial buat BTS karena 7: tujuh member yang udah bareng selama tujuh tahun. Udah sempet promo2 di US, ke talkshow2 macem Jimmy Fallon & James Corden dkk itu. Sayangnya, ketika pandemi menghantam, semua tour dan konser mereka yang udah dijadwalin di 2020 ini, batal. Tadinya masih ada harapan, di awal pandemi, semuanya mengira mungkin keadaan akan kembali seperti semula di pertengahan tahun. Tapi ketika satu persatu jadwal confirm batal, pasrahlah mereka.

Ngga ngira juga sih kalo pandemi ini hits hard buat mereka karena yang saya tau ya konten tetep ada, single tetep keluar, kolaborasi Suga & mixtape Suga tetep launching, diundang di acara Youtube Dear Clas 2020 segala, album Japanese juga ada, dst. Ternyata sama juga buat mereka, ngga bisa ketemu fans/ARMY itu berat.

Balik lagi ke konser MOTS ON:E.

Konsernya diselenggarain 2 hari, 10-11 Oktober 2020. Tiket satu harinya dengan kualitas HD, kalo beli ketengan, harganya sekitar Rp650.000. Tiket dua hari HD harganya KRW 90.000. Buat yang udah punya ARMY membership, bisa puas nonton dengan kualitas 4K, harganya.. berapa ya? Lupa, hehe. Slot 4K ini terbatas, (mungkin keterbatasan server/bandwidth? Entahlah) jadi paling cepet sold out. Yang HD rupanya gak terbatas, sampe akhir2 masih dijual juga, gak ada tu sold out.

Ga cuma konser, ada juga exhibition, yaitu semacam pameran online yang cuma bisa dibuka di laptop/PC dan kudu pake download client program segala. Ini saya ngga beli, karena entahlah, ngga terlalu excited aja. Beli tiket konser + exhibition tentunya lebih murah (paketan).

Sebelumnya BTS udah pernah ngadain konser online juga, yaitu Bang Bang Con (BBC) di bulan Juni 2020 . Nah MOTS ON:E kali ini skalanya beda banget. BBC jadi gak berasa “konser”, wkwkwk. Tapi BBC emang bukan konser sih, konsepnya emang “room”nya BTS, jadi terasa lebih.. apa ya, intim mungkin. Sedangkan MOTS ON:E, dari awal udah dapet bocoran bakal ada 4 stage besar, ada teknologi AR, XR, daaan.. kali ini ARMY bisa partisipasi dengan ditongolin mukanya di layar, jadi keliatan deh tuh sama abang-abang BTS. Tentunya yang bisa ikut cuma yang punya ARMY membership dan itu juga diundi (raffle).

Sooo… tambah excited deh.

Harap-harap cemas. Kok ada cemasnya? Ya tau sendiri kan kalo harapan udah kadung tinggi trus gak sesuai ekspektasi kan jadinya kiciwa wkwkwk.

Sama dengan BBC, MOTS ON:E masih pake website Kiswe. Kiswe ini udah biasa dengan streaming, biasanya sih acara-acara olahraga semacam NBA dst. Mereka punya multiview camera, jadi audiens bisa pilih dari 6 kamera diantaranya main cam, stage cam, close up dst. Pengalaman waktu BBC, multiview ini cukup.. memecah konsentrasi, buat saya yang menolak multitasking 😀 Karena sistemnya Kiswe bisa login di 2 device (ga peduli satunya login di Indonesia satunya login di mana pun di pelosok dunia) saya pake 2 laptop, dan jadinya aga terpecah konsentrasi karena 2 laptop ini gak barengan, ada aja salah satunya yang delay. Biasa, masalah koneksi dan pindah2 multiviewnya. Jadi kali ini bertekad satu layar utama (laptop) pakai main camera aja gak utak-atik multiview, dan device kedua saya pakai hp aja. Ujung2nya hp ini kepake banget buat screenshot2 view close up, terutama Suga :p

Beberapa hari sebelum hari H, keluarlah pengumuman akan ada replay alias siaran ulang di H+1 konser! Uwaah asik banget bisa nonton 2x hahaa.. Obat “ga bisa move on” :p Langsung cuss infoin ke sobat ARMY saya yang juga beli tiket 1 hari tapi nonton di hari kedua. Dan dengan adanya replay ini, kita masing2 jadi bisa nonton 2 hari dengan link halal 😀 yaitu tukeran nonton pas replay. Alhamdulillah. Meskipun saya kudu off twitter + IG di hari kedua supaya nggak kena spoiler haha.. Tapi sedihnya sih ngga ikut keramaian-nya di twitter. Pas saya nonton tanggal 12-nya, udah sepii. Ya gapapalah daripada bertumpu sama link haram yang banyak di-banned 🙁 Asli sih team Kiswe sama Big Hit galak-galak kali ini.

Oke, terus gimana konsernya, sesuai-kah dengan ekspektasi yang sudah melangit?

Jawabannya: lebih. Banget.

Ya ampun aku terharu. Bagus banget banget ihikkkss.. Openingnya megahhh bangeeetss, set listnya oke semua, stage katanya ada 4 tapi rasanya unlimited! Kostum keren, teknologi cihuy, performancenya best semua!

Part 2: The Concert

MOTS ON:E dibuka dengan (fyi ngetik ini sambil inget2 malah jadi merinding saking inget megah & wah-nya) VT (video tape) yang settingnya ngingetin banget sama MVnya ON. VT ini diakhiri dengan Jungkook yang pakai jubah bertudung merah (semua member juga pake sih) niup semacam terompet dari kerang (?) lalu kamera syut ke marching band yang standby di stage sambil bawa bendera2 BTS. Mereka march ke stage lain, yang lalu ada gate besar kebuka (di MV-nya ON juga ada gate super besar ini yang kebuka gitu) yang saya baru ngeh pas nonton replay, gate ini tuh AR. Atau XR ya. Pokoknya boongan, tapi asli keren banget, megah. Di balik gate guede ini udah standby dancer2 ON dengan kostum lengkap bermasker, dan tujuh member yang ngebuka satu-satu hoodie merahnya dari “bukit” di belakang dancer. Ada logo BTS & ARMY guede banget di atas mereka. Eh, kayaknya logo ARMY lebih gede daripada logo BTS, pake lampu2 yang digantung, sudutnya gak tegak gitu tapi miring. Abis itu baru masuk ke lagu pembuka sesuai tebakan saya: ON.

Keren ga ada obat.

Tuh kan, merinding lagi.

Next saya bakal ceritain per lagu/segmen. Setlist yang dibawain:

  1. ON*
  2. We Are Bulletproof Pt. 2*
  3. N.O*
  4. Persona
  5. Boy in Luv*
  6. Dionysus (remix)
  7. Interlude: Shadows*
  8. Black Swan
  9. UGH!*
  10. 00:00 (Zero O’Clock)*
  11. Filter
  12. My Time
  13. Moon
  14. Inner Child
  15. Outro: Ego*
  16. Boy with Luv (remix)
  17. DNA*
  18. Dope
  19. No More Dream*
  20. Butterfly* (day 1) / Spring Day* (day 2)
  21. Run* (day 1) / Idol* (day 2)
  22. Dynamite*
  23. We Are Bulletproof: The Eternal*

*: my fav performance

Di balik hoodie/jubah merah, mereka pake kostum yang kece! All black (leather) with touch of silver. Psst, kostum ini ternyata handmade, dan sempet liat desainernya post proses bikinnya via insta story setelah konser selesai. Yang menonjol di sini JHope, pake black vest lengan kutung. Trus keliatan tato, trus diomongin warga twitter :))) damn that was hot! Di hari kedua, kostumnya sama, cuman kali ini dia pake lengan panjang T_T haha.. ga boleh sih ya ama pesantren BigHit syariah keliatan tatoan gitu wkwkwkw.

Pas nonton hari kedua, di lagu ON ini, saya menyadari ada sesuatu yang salah sama Suga. Tangan kirinya megangin ujung jaket silvernya dan kaku banget, ga ikutin koreo. Waduh kenapa nih, ada apa dengan bajunya? Ini berlanjut sampe 2 lagu berikutnya. Was-was saya nontonnya. Baru terjawab abis lagu Boy in Luv.

Langjut ke We Are Bulletproof Pt.2, trus ada dance-nya yang dulu terkenal banget pake seragam sailor putih gitu. Lanjut ke N.O. Lagu-lagu lama yang dibawain ini langsung bikin keliatan sih, kalo koreo-nya BTS dari dulu emang ngga main-main, sharp, keren, kompak dan pamer banget talenta dance semua member terutama dance line-nya.

Kayaknya ada pesan tertentu yang mau disampaikan dengan opening lagu lawas ini. Selain karena beat & koreo yang pas untuk opening, juga mungkin karena simbolis “memulai dari bawah”. Yah pemikiran cetek aja sih ini. Karena endingnya nanti juga lagu debut mereka.

Lagu N.O ditutup dengan iklan. Iklan yang ga bisa dan gak mau diskip, haha.. karena iklannya VT BTS, semacam teaser trailer gitu. Seger banget deh mata, dikasih shot-shot cakep dan close up dari semua member. Ga mau meleng sedikit pun pokoknya dari layar. Nah VT-VT ini sepanjang konser ada terus, dan fungsinya sebagai pengantar ke lagu/segmen berikutnya (dan ngasi BTS kesempatan buat ganti baju haha).

Next, Persona. RM keren di sini, konsepnya kayak dia lagi speech di mimbar (our president Namjoon!) trus sempet ada RM raksasa (ini ngikutin SM banget sih wkwk waktu konsernya SUJU beberapa bulan lalu), abis itu yang bikin gw deg2an, dia ngelempar mic-nya trus mic-nya kesulut api kegantung2 di atas kepalanya. Sumpah was-was kirain samting wong gak taunya emang begono settingnya nis nis, ckckck.

Endingnya lagu Persona, tirai merah yang jadi background keangkat dan set stage di belakangnya kayak gedung yang udah jadi puing2, dan 6 member lainnya udah pada nungguin, pada pake blazer item dengan detail bling-bling.

Oh btw, blazer/jas item bling2 itu keren sih. Karena ternyata setelah diliat lebih deket, bling-bling itu adalah… peniti!!! Peniti silver gede-gede yang dipasang sambung-menyambung ngikutin lis atau jadi aksen berbaris-baris. Sementara dari jauh keliatannya mewah banget! Ini siapa stylist/costume designer/team-nya yaaa tolong dikasi bonus yang banyaaaaaakk wkwkwwk.

Habis itu surprise! Boy in Luv dengan Tae di depan. Ga pake tau2 loncat trus wae nae mameul heundeuneun geonde aja 😀 Wah unexpected banget lagu ini tuh. In a good way tentunya. Sambil nonton lagu ini saya keinget Boy in Luv di MVnya tu ala-ala anak sekolahan (emang ceritanya kan anak sekolah jatuh cintrong) dan pada pake seragam. Sekarang mereka ngga pake seragam lagi dan seakan2 si blazer item ini tu versi grown up dari seragam sekolah dulu.. Ihiks, sudah lama sekali ya ternyata lagu ini.

Next, sesi ngobrol2 dan say hi! to ARMY. Perkenalan satu persatu. Yang paling gemes pas giliran Suga. Ya ampun OMG. Pas kesorot kamera dia senyum malu-malu kayak anak kecil disuruh kenalan sama emaknya ke anak kecil laen. Gemes. Sikap malu2 kucing di-combine sama gaya rambut sisir sebelah ke atas keliatan jidat. Double kill for Suga stan. Ni ada yang ngesave jadi gif gak sih, ntar cari ah.

Di hari kedua, Suga sekalian ngasitau kalo pas di awal itu bahunya sakit :(( tapi katanya udah ngga pa pa. Wah gercep sekali ya langsung dia kasi tau. Dia pasti tau ARMY tau, makanya dia langsung bilang gak pa pa. Such a performer. Yaudalah percaya aja kita ya biar bisa nikmatin konser (padahal aslinya mah was was teteup).

Hari pertama Jin sukses kasi gestur flying kiss seperti biasa. Tapii di hari kedua langsung dipotong sama Jungkook 😀 asli ngakak sih. Jungkook bener-bener menghancurkan momennya Jin (good job Jungkook! :D) Dari sini mereka udah keliatan lebih rileks dari hari pertama, udah mulai keliatan sengklek2nya :)))

Lanjut! Dionysus versi remix! OMG. Nah ini nih. Kalo di acara2 musik kpop gitu dulu-dulu Dionysus suka jadi opening performance BTS karena tampilannya grande, dengan propsnya aga banyak: kursi, meja, dan tongkat RM. Plus dancernya juga. Tapi di MOTS ON:E ini dibikin simpel (i like it!) cuma dengan elevasi panggung (hidrolik) dan no dancer kecuali di bagian akhir, itu pun dancer2nya di puing-puing gedung. Plus lagunya juga versi remix, duh itu ada rilisnya gak sih.

Abis Dionysus balik lagi ke VT. Kali ini Suga. Next song? Interlude: Shadows. Mau jujur nih. Sebagai ARMY yang ngaku Suga stan, saya baru tau lagu ini H-1 konser 😀 tetiba kepikiran karna ga sabar nanti performnya Jimin – Filter kayak apa. Eh tunggu.. kalo tiap member BTS ada lagu solo-nya, lagunya Suga apa ya? Seesaw kan di album yang taun lalu *insert emot mata ngelirik* trus baru deh searching di Spotify album MOTS 7 :))) oh ternyata Interlude: Shadows ini Suga toh.

Interlude: Shadows ini agak.. susah lah buat konsentrasi ke lagunya (maap Suga!) soalnya rambutnya itu loh. Plus outfit pertamanya warna putih. Lagu diawali Suga jalan di lorong dengan dinding kain dimana tangan-tangan pada nyoba2 ngeraih Suga. Jalan sampe ke stage dimana dindingnya full.. layar? Green screen? LED?

Jadi ceritanya lagu Interlude: Shadows ini (diliat dari liriknya) adalah tentang ketakutan Suga yang awalnya pingin jadi famous, tajir, mau semuanya, punya big dream banyak, tapi tentu saja semua itu datang dengan shadow, salah satunya kesepian/loneliness. Semakin besar hal yang diraih, semakin besar juga shadow-nya.

Di MOTS ON:E, shadow yang semakin besar ini digambarkan dengan dancer2 berkostum serba hitam yang semaking mengelilingi Suga dan “menelan” dia. Trus pelan-pelan semua menghilang dan.. outfitnya Suga jadi hitam. Uwooh. Keren (dan ganteng) banget. Cocok banget deh lagu + aksi panggungnya.

Tau ngga abis itu apa? Black Swan. Perpindahan ke Black Swan ini alus banget dari Interlude Shadows tadi, selain karena lagunya juga sama-sama punya arti yang dalem yaitu ketakutan bahwa suatu saat BTS akan “mati rasa” sama lagu-lagu yang mereka tulis. Well that’s dark, man. Sesuai sama kostumnya yang sama-sama item.

Next, abis Black Swan ada Jimin’s solo dance. Bagian ini saya suka banget! Lagunya diawali Black Swan instrumental dan dance kontemporernya Jimin perfectoo. Sebelumnya saya ngga pernah suka sama dance kontemporernya Jimin, yah biasa aja. Tapi yang ini bener-bener bikin saya seperti “tenggelam” ke dunia Black Swan itu.

Dan kalo ngga jeli, ga tau kapan terjadi perpindahan antara Jimin live ke VT. Waahh ini sih gila.. tiba-tiba udah video aja. Keren sih keren keren keren.. Bertabur kata “keren” banget deh post ini wkwkwkwkwkwwk.

Masuk ke UGH! Lagu punya rap line ini udah sempet dibocorin di Bang Bang Con, bahwa mereka emang akan bawain UGH! next time konser/perform. Stagenya dibikin kayak ring tinju, dengan “tali”nya itu laser ijo, lalu kostum Suga, JHope dan RM adalah hoodie petinju. Beuh. All of them kill it! Paling suka bagian ending dimana Hoseok jadi center, omagawd. Unit ini bener-bener having fun dengan lagu UGH! yang storylinenya tentang release anger/rage.

UGH! yang berapi-api langsung di-ademin dengan 00.00 (Zero O’Clock). Kaget pas liat vocal line komplit berempat, soalnya saya pikir lagu ini cuma Jimin & Jungkook aja hwhwhwhw (ARMY macam apa aku ini). This song is perfect, melody, vocal, dan arti liriknya. Adem banget. Kostumnya pada serba putih, kayak boyband banget deh 😀

Next, solo Jungkook: My Time. Duh saya ngga konsen nontonnya di hari pertama, bukan karna Jungkook yang sungguh awh tapi karena KUOTA SAYA ABIS. Huh bisa-bisanyaaaaaa. Emosik rasanya. Jadi karna koneksi internet rumah lambat sedangkan rekomendasi minimal koneksi 20 Mbps, maka saya bela2in lah nyewa modem wifi. Kuotanya 11GB, eh di tengah2 konser abis, langsung drop resolusinya jadi 360p. Hiks. Untunglah suami pas udah pulang, langsung saya todong buat tethering, haha..

Jadi nonton My Time udah di tengah-tengah :(( Sampe ga punya screen shotnya, sedi.

Berikutnya, yang udah ditunggu-tunggu khalayak ramai: Filter by Jimin. Saya cuma bisa nikmatin setengah-setengah abis kepanikan ganti koneksi sebelumnya 🙁 tapi pas nonton replay dan hari kedua lumayan puas, bisa spot adegan ganti baju kurang dari 10 detik yang bikin netijen berspekulasi antara beneran aksi panggung dengan baju yang didesain gampang dicopot, atau pre-recorded, haha. Masuk akal sih kalo pre-recorded karena hampir semua performance BTS akhir2 ini pre recorded semua kan.

Next, Moon by Jin. Asli sih Jin jadi bercahaya banget di sini wkwkwk. Panggungnya juga keren! Dia berdiri di setengah bulan gitu, sekelilingnya ada planet2 (?) kecil yang bergerak muterin bulan itu. Niat banget asli. Nah di langit-langitnya banyak planet berwarna-warni bertebaran, ini kayaknya si XR itu deh (digital). Bagus! Trus kostum dancer2nya ngingetin sama lagunya Ylvis, The Fox 😀 Di ending lagu dia pindah ke stage tengah sambil lari-lari bareng dancernya.

Abis itu giliran V dengan Inner Child. Ini stagenya gilaaaa… sampe ada carousel di stagenya yang beneran muter! Cakep banget! Plus ada anak kecilnya sebagai “little V”. Gemeess. Denger2 dia aktor cilik gitu. Dia pake baju yang mirip sama V. Bagian-bagian akhir ARMY pada ikutan nyanyi uwooo… tapi sayang sih agak delay jadi aga sedikit kacau. Tapi V tetep sesuai tempo kok, namanya jg profesional yekan.

Ditutup dengan VT, kembali disuguhkan wajah-wajah ganteng close up. Kayaknya ini saat di mana saya ngeh (day 1) bahwa di luar ujan deres dan jemuran saya basah sebagian hahaa.. duh tapi saya ngga rela banget ngangkutin, jadi yauda biarkan saja mereka basah.

Yak tinggal satu solo lagi, bisa tebak kan? Ego by JHope! Lagu ini JHope banget, auranya ceria. Setnya ada banyak mobil beratap kebuka dan moge yang beneran dijalanin sama dancer-dancer bermasker. Koreonya unik & silly, khas JHope & saya suka banget! You can really tell that he’s having the time of his lyyfe! Oh btw jaket jinsnya JHope keren. Di hari kedua dia pake jaket tweed cewe, tapi bisa tetep maskulin kalo dia yang make. Trus abis konser ini, di tiktok rame dance Ego 😀 Jangan ngaku fans JHope kalo gak ikut goyang liat dance-nya. Pas day 2 saya juga ikutan joget, udah gak tahan, hahaa..

Endingnya Ego ini 6 member ikut naik stage dan ikut ngedance dengan silly-nya. Abis itu Jhope ganti jas Gucci kayak semua member dan waktunya untuk: Boy with Luv dengan payung, versi remix kayak di BBC. Kayanya di MOTS ON:E ini lebih asik aja bawainnya.

Boy with Luv di tengah stage diakhiri dengan 7 member pindah ke stage dengan LED, nah mulai dari sini baru deh main visual & digital. Rupanya abis BWL Jimin masih blom move on dari jogetnya Ego (Day 2) jadi dia joget2 sendiri sampe JHope ngikik2. Sebelum masuk ke lagu berikutnya, mereka say goodbye dulu 🙁

Intro beberapa “ketukan”, dan DNA pun dimulai. My fav song! Selalu ada di playlist, bulak-balik diulang. Versi biasa ataupun versi Pedal 2 LA Mix. Thissss performance isssss super dope. Kenapa? Karenaaa full banget main di digital, jadi keliatannya BTS nyanyi dan ngedance di angkasa luar, persissss kayak MV-nya. Visualnya gelooo cakep banget. Yang ada planet lah, bentuk2 geometris, dst dst. Puaasss. Nah bagian reff-nya, musiknya ganti sama.. marching band kayaknya. Jadi feelnya beda. Duh saya kurang sreg sih tapi terobati sama visual yang ajibb.

Next, lagu fav saya juga: Dope. Dope ini entah kenapa ga pernah basi meskipun keluarnya udah 6 tahun yang lalu. Lagu tentang hardwork yang beat & koreonya asik banget. Visualnya masih sama, main digital, tapi kali ini settingnya lift yang ngebawa BTS turn back/fast forward time gitu. Baru kemarin saya ngeh bahwa di MV Dope juga ada liftnya (eh MV apa photoshootnya ya).

Tiba2 layar item. Ada tulisan NO MORE DREAM. Whoaa.. their debut song. Jas2 Gucci udah pada dilepas, pada kemejaan putih aja kecuali Jungkook & Tae. Kalo dulu penampilan mereka flashy banget, sekarang simpel aja ARMY udah pada blingsatan. RM dengan kemeja putih dilipet sesiku bener-bener mengirimkan vibes “mas mas kemeja putih auto ganteng” 😀 😀 😀 Same goes to Hoseok! Center white-shirt-Hoseok rocks!

But wait. Yang paling keren adalah adegan Jungkook gendong Jimin untuk “nendang” barisan dancer (termasuk 5 member BTS lainnya) lalu backgroundnya dinding ancur bersamaan dengan “roboh”nya barisan dancer. Itu keren. No More Dream ditutup dengan tulisan hitam, tapi kali ini “No More” pelan2 fade out. Tinggal “Dream”.

Trus udah? :(( Nooo.. nanti duluuu belum puass…

Nah kali ini breaknya cukup lama, gak ada VT/VCR lagi cuma muka2 ARMY aja yang disorot. Tapi mereka muncul lagi doong, kali ini dengan dikelilingi video2 ARMY, dan.. tau ga sih kostum mereka: merchandise konseerrr.. OMG sebel sih karena bikin jadi mau beli kan. Dipake BTS jadi keren banget itu hoodie2, kaos item dan kaos lengan panjang, meskipun rata2 oversized. JHope juga pake backpack kecil selempangan (ya kalo diselempangin bukan backpack ya namanya) yang sempet dipake dan dipost di twitter dan bikin sold out seketika. Paling keren Tae, dia pake scarf merah yang dililit dan diiket persis di ujung kaos item lengan pendeknya. Oh iya mereka juga bawa ARMY bomb!

Jungkook tiba2 nyanyi, and it’s Butterfly! Woah jarang banget lagu ini dibawain dimana-mana! Semua tangan di ataaasss… Hari kedua Butterfly diganti Spring Day. Lagu sendu tapi tapi masih pada sempet becanda, misalnya pada nyodorin mic masing2 pas giliran Tae nyanyi. Trus pindah ke Jin wkwkwk.

Sendu-sendu diganti Run. Bukan Run BTS 😀 Each of them were just vibing with the song, seruuu. Ga ada koreo di sini, cuma hore-hore aja bersama ARMY. Day 2 ada Idol, lebih sengklek lagi mereka di sini. Reff terakhir mereka lari lagi ke stage tengah, lanjut sambung: Dynamite.

Disco overload, I’m into that, I’m good to go, I’m diamond, you know I glow up <3 Pas bagian dy-nna-nna-nna layar guedee yang nampilin video2 ARMY ganti jadi lirik berjalan. Fun! Pas day 2, bagian RM “Ladies and gentlemen….” dia ganti dooong pake Korea! Kereeeeeen!

Waktunya bincang-bincang terakhir sebelum say goodbye 🙁 Di sini Jimin nangis (day 1). Jadi baru2 ini (setelah konser, sebelum tulisan ini terbit) ada live-nya Jimin, ternyata dia tuh ngga tau kalo video2 ARMY itu nonton realtime, bukan pre-recorded. Dia baru tau setelah nanya ke Hoseokiehyung. Makanya di sesi ini dia nangiiis. Suaranya udah bergetar banget dari awal ngomong. Jin & yang lain bilang: “Don’t cry!” RM juga pertamanya bilang “Don’t cry!” tapi terus ganti: “Just cry! Go ahead!” :))) Ok now this sounds funny but pas waktu momennya itu terharu banget anjir 😀 😀 ampir ikut nangis sayaaa huaaaaa.. ARMY juga udah keliatan ngusep2 aer mata wkwkwk. RM sempet meluk bentar trus ngebiarin Jimin melanjutkan dengan susah payah.

Giliran RM, dia ngomong dengan bahasa Inggris (thank you RM!) pesennya kalo ga salah, BTS & ARMY are strong. We’ll find a way. If not, we’ll draw our own map. I love you and you all know that. *standing applause*

Part 3: Conclusion

Right after it ends, the first day, I feel like IDR 650 thousands was truly well spent. Biarpun banyak link-link haram bertebaran (yang kemudian kena sapu Kiswe/Bighit) dan pasti akan ada juga yang nyediain link full konser, I did not feel sorry I bought the ticket.
Performances were great.
Stage acts were wonderful.
Setlist & storyline-nya cocok, perpindahan dari satu lagu ke lagu lain bahkan lagu ke/dari VT/VCR muluss. Bener-bener dimanjain visual dan auditori.
Stage sets/designs really deliver the story of each song. Katanya 4 stage besar, tapi rasanya unlimited karena setiap penampilan itu unik.
Technology used was awesome.
Costumes & outfits were cool! BTS semakin ngganteng lah pokoke.
Dancers were dope. They were using mask the whole time.

Semuanya layak dapat standing applause, termasuk staf dan orang-orang di balik layar yang terlibat.

The Numbers

Liputan dari K-media bilang bahwa sumber dari Big Hit menyatakan ada sekitar 993.000 orang dari 191 negara yang nonton konser ini. Sementara BBC ditonton 746 ribu orang dari 107 negara. Dari segi negara hampir 2x lipat. Biaya produksi konser ini pun jauh dibanding Bang Bang Con, 8x lipatnya.

Detail total penjualan tiket dan angka lain-lain belum dirilis Big Hit, mungkin nanti next corporate briefing (lama amat).

Menurut saya, MOTS ON:E ini sets the bar very high buat artis & musisi lain. Di era pandemi kayak gini, mau ngga mau semua akan online pada waktunya, termasuk konser. Acara-acara musik macem MTV VMA, iHeart Radio festival dan terutama Dear Class 2020 kemarin juga penampilannya banyak yang online, meskipun ada juga yang on the spot. But none of them perform like BTS (sounds cocky but sorry.. it is what it is).

Kemarin saya baca post dari IG momagangster soal konser ini dan dia punya view yang cukup menarik. BTS sudah kerja keras dari awal untuk album MOTS 7. Ini album spesial buat mereka, karena 7 member yang berjuang bareng selama 7 tahun sejak debut. Tapi di sisi lain banyak yang bilang MOTS 7 ini beda “style” sama album-album sebelumnya. Saya merasakan hal yang sama sih. MOTS 7 ini cukup “berani”.

Sedihnya adalah, ketika mereka ga punya kesempatan buat perform album ini di depan ARMY, live. Iya juga sih, sekarang coba dipikir-pikir, kapan ARMY pernah liat sendiri performance ON? Yang gw tau sih semuanya online ya, mau yang di Grand Central atau yang Tokopedia. Oh paling banter acara2 MNET atau music show di Korea sana. Ga ada konser. Cukup nyesek juga sih.

Dan akhirnya, 20 Oktober kemarin akun2 medsos BTS resmi ganti profile pic & header, menandakan akhir dari sebuah era: MOTS 7. Maybe it went too fast. But maybe.. maybe this is BTS’ pace. It is fast.

Aren’t you excited for what’s next, ARMY? 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *