BTS

Belajar Bahasa Korea bareng ARMY

Saya akhir 2020: duuh ngapain sih elah belajar bahasa Korea, ngga mau akuu. Susah bahasa Korea tu, masa bunyi2 hurufnya hampir mirip semua di Duolingo. Belajar Jepang aja deh.

Saya awal Februari 2021: 안녕하세요! 니쎼 예요. 이름이 뭐 예요? 저는 한국말 지금요. 하지만 아직 찰 뭇해요.

😀 Gimana ceritanya sampe bisa begitu?

Pertamanya ngga mau kekorea-koreaan. Suda cukuplah suka ama BTS doang, aja, titik. Lagipula video-video kayak interview, perform, MV, atau reality show hampir selalu ada subtitlenya. Tapiiiiii kalo member BTS pada live, kok kayanya enak ya kalo bisa ngerti meskipun cuma sedikit-sedikit. Kan ga ada subtitlenya kalo live. Haha.

Trus, di twitter ada yang namanya @BangtanAcademy_. Semacam komunitas ARMY yang belajar bareng bahasa Korea, pake app Discord. Mereka selalu “terima murid baru” atau sebar link opening setiap Jumat. Itu, yang mau masuk, rebutaaaaaann.. Selalu deh baca di reply-nya itu link langsung expired karena kuota “penerimaan” cuma 25-50 orang paling banyak setiap sebar link. Mau ngga mau penasaran yekan. Yaudah download lah Discord meskipun ngga ngerti gimana cara pakenya. At least, kalo nanti ada link lagi langsung bisa masuk.

Udah tuh. Lupa juga punya Discord.

Sampee, waktu itu abis taun baru, tanggal 2 Januari. Inget banget persisnya karena lagi nonton replaynya New Year’s Eve Live (NYEL) 2021. Lagi nyiapin laptop buat ngerecord biar bisa ditonton lagi ehehe. Trus buka lah twitter. Ndilalah keliatan itu si Bangtan Academy (BA) baruuu aja ngetwit link, 1m yang lalu. Langsung klik! Langsung masuk! Uihiiiy.

Sedikit dulu tentang Discord. Discord ini tadinya aplikasi yang populer di kalangan gamers, karena bisa chat sambil streaming game. Tapi sejak 2020 (?) mereka ganti image karena semakin banyak yang pake discord bukan buat gaming, ada yang buat komunitas atau edukasi sekalian. Jadi discord ini sejenis forum, kalo jaman dulu (aduh ketauan umurnya ga ni) semacam Kaskus deh. HAHAHA. Ya gituuu. Satu “komunitas”nya itu namanya server. Satu server punya banyak channel chat (disebutnya text channel), dan bisa disisipin room untuk voice channel. Asik banget! Voice channel ini semacam zoomnya lah. Jadi udah built in. Tinggal janjian mau jam berapa, sekali klik udah beres. Fitur paling oke sih iniii.

Nah di BA, semuanya dibuat sistematisssssss banget. Saya yang ngga pernah pake discord aja takjub! Karena “murid”nya BA dari seluruh dunia: dari berbagai bahasa, timezone dan level kefasihan bahasa Korea, mereka bikin text2 channel macem-macem. Awalnya aja ada banyak text channel, ada yang khusus penjelasan tentang server, tentang cara belajar, dan tentang pemberian “role” atau tag untuk memperjelas status masing2 murid. Agak kewalahan juga karena belum ngerti, tapi abis itu pelan2 ngerti lah cara mainnya.

Lucunya mereka juga ngerti bahwa banyak orang ngga familiar sama discord, jadi begitu masuk, murid dikasih “tur keliling sekolah” secara online, pakai fasilitas “zoom” bawaan atau voice channel tadi. Sekali tur bisa sejam lebih! Biasanya setelah ngasih link opening, sejam kemudian langsung ada tur. Karena saya masuk pas lagi NYEL, jadilah gak konsen ngikutin turnya wkwkwk.

Karena member BA dari seluruh dunia, jadi semua komunikasi pake bahasa Inggris. Buat yang merasa inggrisnya pas-pasan bisa jadi halangan mental. Tapi kudu inget juga, orang2 yang masuk BA pun ga semuanya berbahasa inggris sebagai bahasa utama, jadi ngga usah minder. Kalo mau baca2 teliti juga mereka suka cuek aja sama grammar, yang penting maksudnya ketangkep ama lawan bicara/chat. Buat saya, ini jadi ajang latian bahasa inggris juga haha. Nambah2 vocab yang umum dipake pas chat.

Trus karna yang bikin orang US, pengumuman kelas/event pakai timezone-nya CST, bukan KST apalagi WIB. Cukup menantang sih mengingat beda waktunya CST-WIB adalah 13 jam. Tapi ada keuntungan tersendiri, karena WIB duluan 13 jam dari CST, deadline2 PR/kelas/event jadinya lebih setengah hari. Misalnya deadline kumpulin PR 7 Feb jam 12 malem teng, maka deadlinenya di WIB jadi tanggal 8 Feb jam 1 siang (insert gif joget2) 😀

Waktu saya masuk, total penghuni server BA ada 1700an member. Waktu ini ditulis (sekitar 6 minggu dari waktu join) ada 2000an member. Lumayan yah nambah 300an sebulan!

Terus belajarnya gimana?

Metode belajarnya sendiri ada macem-macem.

  • Self study: kelas paling fleksibel. Pendaftaran dibuka kapan aja, belajarnya juga bisa kapan aja. Sumber materi bisa dari web/buku/youtube lalu dikasih PR. PRnya ini akan dicek sebagai syarat kelulusan kelas dan syarat status active student. Cek PR itu ada yang cuman sebagai bukti bahwa: beneran loh, kita belajar. Ada juga yang beneran dicek sampe detil banget, dan diminta ngepost ulang kalo memang ada yang harus dikoreksi. Enaknya, ngga ada deadline.
  • Online class: harus standby di voice channel di jam tertentu dan dengerin materi. Biasanya 1 atau 2x seminggu. Gurunya nerangin, kita nyimak dan chat. Ada PR dan ada deadline. Gagal memenuhi deadline, di-kick dari kelas (bukan dari server) dan ga dapet tag alumni kelas. Bisa ikut lagi di batch baru, kalo kelasnya buka pendaftaran lagi.
  • Audio class: hampir sama kayak online class tapi dengerin aja + ngulang ngomong sendiri (buat nglatih prononuciation) tanpa nyatet dan ga boleh chat selama audio lagi di-play. Abis itu baru bisa nanya/kirim2 gif. Audio class ini buanyak banget peminatnya karena selain ga usah kuatir sama status active student (keterangan active student di bawah), kelas ini semacam “jaminan” mengasah kemampuan listening + speaking. Seru! Cuman jadwalnya aja rada padet, seminggu 5x, per sesi-nya 1 jam + tanya jawab 10-20 menitan.
  • Selain audio class yang buanyak banget peminatnya, yang ini juga: kelas kdrama! Nonton kdrama bareng-bareng buat didiskusiin, entah vocabnya atau budayanya. Kalo ngga punya waktu buat nonton bareng2 ada juga kelas kdrama yang jam nontonnya fleksibel, tapi tetep ada deadlinenya misal seminggu harus kelar 5 episode. Trus ada tugas juga.

Ada lagi conversation class buat level-level yang udah pada faseh anyonghaseyo. Tapi karna saya baru level 1 (ihiy udah naek dari beginner) jadi blum tau teknisnya conversation class ini kayak apa.

Kelas-kelas selain self study harus nunggu batch-nya buka dulu baru bisa diikutin. Beruntungnya pas saya join, ada beberapa kelas yang buka pendaftaran jadi bisa ikut beberapa sekaligus. Yang saya ikutin pertama kali: Bex’s Beginner Class (online class), Hangul Bootcamp (self study: youtube), & Coursera (self study: web coursera). Sekarang udah lulus 3-3nya!

Trus karena banyak yang nyaranin, nyobain TTMIK (talk to me in korean). Kalo ini self study-book club, jadi harus banget kudu wajib beli bukunya, bisa buku fisik bisa pdf. Mereka cukup strict soal bajak-membajak, jadi daftar kelas ini harus pake bukti bahwa kita beneran beli. Bisa foto buku fisik (fotonya wajib pake aksesoris/photocard everything BTS-related & di-watermark nama), atau pdf (difoto juga, kasih aksesoris/photocard BTS & watermark nama, pluss receipt/bukti pembayaran buku online). Tadinya ga mau ikut TTMIK ini, liat di shoppee harga bukunya 1nya Rp 200ribuan. Eh tapi ternyata ada di Google Play Book, cuma Rp 114rb udah gitu punya kredit Rp 25rb! Jadi total bayar cuma Rp89 ribu 😀 ya sikat deh.

Setiap kelas yang diikutin, selalu ada text channelnya buat chat sama sesama murid, ada text channel buat submit PR dan untuk beberapa kelas, ada voice channelnya. Nah ini yang ga didapet kalo belajar sendiri: ga ada temen buat diskusi. Sementara di sini banyak, dan banyak yang udah jago juga ga pelit buat jawabin pertanyaan. Paket komplit!

Asik banget kan?

Berapa biaya joinnya?

GRATIS. Cuman pake niat serius belajar aja.

Kecuali kalo ikut book club ya harus beli bukunya. Tapi ngga ikut book club pun pilihan kelas free juga banyak.

Nah karena si BA ini serius soal belajar bahasa Korea, dibikin syarat buat murid supaya setelah masuk mereka beneran belajar. Yaitu dengan status active student. Syaratnya gampang banget: kecatet minimal 2x dalam sebulan di log book (semacem buku absen). Kecatet di log book ini cuman perlu ngerjain PR (self study) atau dengan kehadiran (online class, audio class, kdrama class, conv class). Kalo statusnya ngga ada active studentnya, siap2 ditendang dari server. Eh tapi sebelum ditendang, mereka pengumuman dulu kok dan ngasih kesempatan lagi buat ngumpulin PR sebelum bener2 ditendang. Ditendang pun bisa join lagi kalo ada link opening.

Gara-gara join BA inilah saya jadi serius belajar Korea. Selain karena BTS, juga karena tag/role discord :)) makin banyak ngumpulin tag, profilenya jadi rame! Hahahaa receh banget ternyata alasannya yah, sama begituan aja seneng. Jadi motivasi deh buat belajar beneran.

Keuntungan join BA buat belajar Korea menurut saya:

  • Banyak temen senasib: yang selevel kemampuan bahasa koreanya, bisa diskusi, sharing2 sumber/konten/materi.
  • Ada yang “ngawasin” atau istilahnya keeping accountable. Kalo kamu tipe bukan yang punya motivasi kuat buat belajar sendiri, gabung di sini bikin jadi lumayan disiplin.
  • Banyak ekstra kurikuler! Nah ini bagian hore-horenya perlu dibahas satu bagian sendiri kayaknya.

Oh tunggu. Misalnya kamu tertarik mau ikutan belajar bahasa korea tapi bukan ARMY? Boleh loh. Terbuka untuk umum kok. Ngga perlu “partisipasi” di bagian hore-hore, cuma aktif ikut kelas aja juga bisa. Cuman ya harap maklum kalo jokes, gif dan topik pembicaraan ya seputar BTS 🙂

OKE!

Sekarang kita ke bagian hore-hore.

Duh mulai dari mana ya.. bagian hore-hore ini buanyaaaaaak banget sampe-sampe sekarang waktu saya buat twitter & instagram berkurang jauhh, haha. Lebih sering nongkrong di discord.

  • House of BT21 Character. Kalo ada kata2 “house of” tu ingetnya apa? Yak betul: HOGWARTS. Discord BA ini dibikin kayak Hogwarts, jadi murid2 yang udah punya status active student bisa masuk House. House-nya dibikin sesuai karakter BT21: Koya (RM), RJ (Jin), Shooky (SUGA), Mang (JHope), Tata (V), Chimmy (Jimin), & Cooky (Jungkook). Bedanya sama Hogwarts, masuk ke house ini justru milih, bukan dipilih. Milihnya pake upacara: Sorting Ceremony :))) lucu gak sih. Sorting Ceremony ini cuman dibuka di tanggal 7 setiap bulan (waktu CST). Nah begitu sorting ceremony dibuka, setiap member dari house bener-bener rusuh mempengaruhi new member yang belum punya house untuk gabung ke house masing2. Seru!

Kalo kamu pikir saya masuk House of Shooky karena bias saya SUGA, yak salah. Saya pilih house of Mang karena denger2 mereka suka ngedance. Pilihan saya ngga salah, selain suka dance, Mang itu ternyata.. paling rusuh :)) Pusatnya meme, plesetan, project2 lucu, semua ada di sini. Kalo kamu masuk BA, pastikan join di Mang ya!

  • Challenge! Setiap bulan selalu ada challenge yang seru-seru. Bulan Januari pas saya baru join, ada GoGo Dance Challenge. Tiap minggu submit koreo-nya lagu GoGo, part demi part sampe nanti full satu lagu. Sekarang udah masuk minggu ke-5. Ada lagi kimbap challenge, buat yang seneng masak atau pengen ngumpulin tag, ikut deh tuh. Ada juga challenge menyambut ulang tahun jhope & SUGA: SOPE challenge! Yang ini aga dipaksa mikir sedikit karena kita diminta bikin word search berbahasa Korea. Apa tu word search? Kotak2 yang satu kotak isinya 1 huruf, trus kita cari kata2 di dalemnya, ada yang mendatar, menurun, diagonal. Nah itu word search. Bedanya ini kita yang bikin, berbahasa korea. Hwhwhwwhwh rada mikir ya buun.
  • Common Room. Common room ada 7, sesuai karakter BT21 juga. Bedanya active student bisa bebas masuk mana aja, ngga tergantung house. Kalo common room ini semua ada temanya: Koya: buat ngomongin kdrama sama buku2, RJ buat seputar makanan/masakan korea, Shooky buat ngegame, Mang buat dance challenge/apapun jhope related, Cooky buat seputar fitness, Chimmy buat dengerin musik, Tata buat ngomongin art.

Buat yang seneng ngegame, common room-nya Shooky itu seru banget, karena sekali2 suka ada yang ngajakin atau streaming-in entah among us, minecraft, rhythm hive, beat saber atau game2 lain. Kalo ga main, nonton aja juga boleh.

Buat yang seneng dengerin lagu, nongkrongnya di Chimmy boombox. Kadang suka ada lagu2 BTS versi remix yang ngga semua orang tau atau lagu2 mixtape lama.

  • Tournament! Ini juga salah satu hal yang unik di BA: ada turnamen ngetik hangul antar House! Saya sempet join buat nambah poin House of Mang. Susah gamenya buat yang blom terbiasa, haha. Gamenya namanya Hangul Attack, cuma bisa dimainin di PC/laptop. Cepet-cepetan ngetik huruf2 hangul yang ada di layar. Kalo salah, ada bom yang akan meledak. Meskipun keyboard laptop ditempelin stiker karakter hangul, tetep aja harus diapalin supaya ngga nyari2 karakter lagi.
  • Streaming! Wow ini salah satu yang bikin betah di BA. Sekali-sekali suka ada yang streaming-in konser2 BTS jadul, atau acara award. Enaknya kan kalo nonton bareng2 bisa sambil fangirling rame2, jadi gak sendirian mengagumi rambut gondrong pirang Jungkook misalnya :p trus streaming di sini juga aman dari “sapuan pihak berwajib”, hehe..

Whew.. banyak yah! Makanya seru banget di BA ni. Kalo mau gabung jangan ragu2 loh.

Ok deh kayanya saya harus ngerjain PR dulu nih.

안녕히 계세요!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *